Minggu, 20 Mei 2012

menghilangkan sakit perut

sakit perut dapat di sebabkab oleh perut kkembung , diare dll.
Sakit perut atau gangguan pada perut ada berbagai macam, tapi ada beberapa yang umum kita temui dan tak jarang kita pun mengalaminya.  Berikut beberapa masalah perut yang umum beserta cara mengatasi sakit perut tersebut.

MENGOBATI DIARE
Dengan kunyit
Bayi yang terserang diare dapat diatasi dengan kunyit.  Ambil satu ruas kunyit kemudian diparut.  Campur dengan sedikit kapur sirih.  Ramuan ini dibubuhkan/diborehkan disekitar perut bayi kecuali pusar.  Dalam waktu singkat diare akan mampet.
Anak-anak,remaja atau orang dewasa yang diare dapat juga diatasi dengan ramuan kunyit.  Caranya, ambillah empu kunyit 3 ruas, parut dan ambil airnya.  1/2 gelas air kunyit ditambah 1 sendok teh madu murni dan sebutir kuning telur ayam kampung.  Aduk sampai rata kemudian diminum.  Ramuan ini diminum 2 kali sehari dan dalam dua hari berturut-turut akan dapat menghentikan diare.
Dengan Pisang klutuk/pisang batu
Ambil 5 buah pisang batu muda, cuci bersih dan diparut.  Kemudian diperas untuk diambil sarinya, tambah dengan sedikit garam dapur.  Ramuan ini diminum oleh ibu bayi.  Setelah menyusu, bayi yang diare akan segera sembuh.
Dengan garut
Garut juga dinamai nggarut, salarut, waerut, irut, angkrik, jelarut, arus dll.  Tanaman semak yang dimanfaatkan adalah rimpangnya, hampir seperti lengkuas.  Garut yang sudah diolah menjadi tepung diambil 1 sendok makan, gula 1 sendok makan, garam 1/4 sendok teh, daun jambu biji 7 lembar, air 100 ml.  Dibuat infus.  Diminum 3 kali sehari, tiap minum 100ml.
Dengan kulit manggis
cuci bersih kulit manggis lalu dipotong-potong.  rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan airnya tinggal setengahnya.  Diminum 3-6 kali sehari.
Kayu secang
Seut dan potong kecil kira-kira 5 gr kayu secang.  Rebus dengan air 1/2 liter.  Biarkan mendidih selama 15 menit.  Setelah dingin,saring dan dibagi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.
Dengan akar cincau
Akar cincau yang sudah dicuci bersih lalu dimasukkan dalam gelas dan beri air panas.  Biarakan hingga suam kuku setelah itu disaring dan airnya diminum.
Dengan daun kayu putih
Ambil daun kayu putih yang sudah kering segenggam lalu rebus dengan air 1/2 liter.  Setelah air tersisa setengahnya, saring dan minum setelah dingin.
MENGATASI KEMBUNG
Dengan jahe
Ambil 4 ruas jahe lalu ditumbuk, diperas untuk diambil airnya.  Setengah gelas air jahe lalu ditambah gula jawa secukupnya lalu diminum.  Kembung perut dan masuk angin akan segera sirna.
Dengan beligo
Perut kembung akan segera sembuh dengan air beligo.  Caranya, ambil buah beligo yang tidak terlalu besar.  Kupas kulitnya lalu direbus.  Dinginkan kemudian peras untuk diambil sarinya dengan menggunakan kain bersih.  Ambil air perasan setengah gelas, minumlah.
Dengan kayu manis
Bubuk kayu manis 1/4 sendok teh dicampur dengan 2 sendok makan madu.  Diminum setiap hari sebelum makan sampai sembuh.  Campuran ini mengurangi  kadar asam dalam perut dan juga sekaligus membantu mencerna makanan daging.
Dengan daun kemangi
Ambil daun kemangi yang masih segar atau sudah kering secukupnya lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih.  Saringlah setelah dingin dan minum habis airnya.  Lakukan 2 kali sehari.
MENGATASI MAAG
Dengan temulawak
Temulawak satu bonggol disayat menjadi 7 potong, kemudian direbus dengan air sebanyak 7 gelas.  Setelah mendidih lalu didinginkan.  Minumlah setiap hari satu gelas.  Selain itu pantanglah makanan berlemak, asam dan pedas.
Dengan rambak
Jika sakit maag, hindari makan daun pepaya rebus.  Kalau jamu daun pepaya yang ditumbuk tidak masalah.  Kurangi atau hentikan sama sekali makan kerupuk beras atau legendar sebab mengandung garam kuning(nama kerennya aku lupa).  Usahakan sering makan rambak kulit kerbau/sapi atau rebusan talas muda yang masih berlendir.
MENGATASI MASUK ANGIN
Dengan air putih
Jika sering masuk angin, biasakan minum air putih setiap bangun tidur sebelum makan apapun.  Air yang diminum, air dingin rebusan sebanyak 1-2 gelas.
Dengan bawang putih
Masuk angin, segera atasi dengan mengunyah satu siung bawang putih.  Usahakan bawang putih lokal atau bawang lanang yang terkecil (bawang yang berumbi tunggal).  rasanya memang getir tapi dalam tempo 3-5 menit, tubuh akan segera lega.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar